Selasa, 22 Desember 2009

Panggilan Saudara Dalam Bahasa Manna.

Di dalam adat Manna panggilan untuk saudara berbeda-beda ( emang gitu kali hehehehe..... ). Di sini saya akan menjelaskan sedikit tentang panggilan-panggilan khususnya yang seumuran / lebih tua dari kita kalo kata orang Manna bilang "Tuturan".


Berikut adalah penjelasanya :

1. Dang
Dang adalah panggilan kakak laki - laki pertama / tertua dari saudara kita. Walaupun dia anak kedua / ketiga / satu-satunya laki-laki di keluarga dia tetap di panggil "Dang" asalkan anak pertama nya adalah perempuan.

2. Wa
Wa adalah panggilan untuk kakak perempuan pertama / tertua dari saudara kita. Seperti "Dang", kakak perempuaan kita akan tetap dipanggil dengan wa walapun dia adalah anak kedua / ketiga / satu-satunya anak perempuan di keluarga dia akan tetap di panggil dengan "Wa".

3. Inga dan Donga
Inga / Donga adalah panggilan untuk kakak kedua tertua kita, Inga adalah untuk kakak tertua perempuan setelah yang pertama walau ada 2 orang anak perempuan lagi setelah yang pertama yang ketiga tetap di panggil Inga, sedangkan Donga untuk kakak kedua tertua laki-laki kita.

4. Cik
Cik adalah panggilan untuk kakak ketiga tertua kita.Tapi biasanya panggilan ini hanya untuk laki-laki.

5.Bungsu
Bungsu adalah panggilan anak terkecil ato terakhir dari keluarga kita yang lebih muda umurnya dari kita. Tetapi panggilan ini di pakai apabila ada 3 saudara dengan gender yang sama jadi kalo 4 bersaudara semua nya ce ato co maka yang terakhir di panggil bungsu. Tapi kalo hanya 3 bersaudara maka yang terakhir akan di panggil cik ( kalo laki-laki) dan inga ( kalo perempuan ).

Itulah sekilas tentang "Tuturan" atau panggilan dalam bahasa Manna untuk saudara kandung moga dapat memahaminya hehehhe........

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Videos on YouTube - Videosl - Virtual Reality (AR) - VideoL
Play video games on the Virtual Reality (AR) platform and be transported on best youtube to mp3 converter a journey through the worlds of video games like Castlevania: Bloodlines,