Senin, 28 Desember 2009

Panggilan Untuk Saudara Orang Tua Kita Dalam Bahasa Manna

Kalau pada postingan sebelumnya saya membahas panggilan untuk saudara atau yang seumuran dengan kita maka pada kesempatan ini saya akan membahas panggilan untuk Paman / saudara ibu atau bapak atau yang seumuran dengan nya dalam bahasa Manna. Dalam Panggilan ( Tuturan ) pengecualian juga di gunakan seperti di panggilan dengan saudara seumuran.

1. Pak Wau / Mak Wau
Sebutan ini di gunakan untuk memanggil saudara ayah/ibu yang tertua di keluarga nya. Kalau di samakan dengan saudara seumuran maka panggilan di keluarga dia dipanggil dang atau wa. Tapi walaupun dia tertua di keluarganya tapi umurnya di bawah dari ibu / bapak kita maka dia akan di panggil Wan untuk laki-laki dan Anya. Panggilan untuk istri Pak wau adalah Mak Wau dan sebaliknya.



2. Wan
Sebutan / panggilan ini digunakan untuk memanggil saudara ayah / ibu yang kedua tertua dari ibu / ayah kita.panggilan ini hanya di gunakan untuk saudara ayah / ibu yang  laki-laki saja.Panggilan ini juga berlaku kepada saudara yang dibawa oleh ayah / ibu tiri dari orang tua ibu /ayah kita. Panggilan untuk istri wan biasanya adalah Mak Anya.

3.Anya
Sebutan / panggilan ini di gunakan untuk memanggil saudara perempuan ayah / ibu yang tertua pertama tapi umurnya lebih muda dari ayah / ibu kita. Untuk panggilan suami dari anya adalah Pak Anya.

4. Nda
Sebutan / panggilan ini digunakan untuk memanggil saudara kedua perempuan ayah / ibu yang umurnya lebih muda dari ayah  / ibu kita. Untuk panggilan dari nda adalah Pak Nda.

5. Wak Nga
Sebutan / panggilan ini digunakan untuk memanggil saudara laki / perempuan ketiga dan keempat dari ayah / ibu kita dengan catatan umurnya lebih tua dari ayah / ibu kita.

6. Paman
Sebutan / panggilan ini digunakan untuk memanggil saudara laki-laki keempat dan kelima dari ayah / ibu dengan catatan umurnya lebih muda dari ayah / ibu kita.Istri paman biasanya di panggil bunda atau buk cik.

8. Pak Etek
Sebutan / panggilan ini digunakan untuk memanggil saudara laki - laki terkecil atau terbungsu dari ayah / ibu kita. Istri pak etek biasanya di panggil mak etek.

9. Bu / Bungsu
Sebutan / panggilan ini di gunakan untuk memanggil saudara perempuan terkecil atau terbungsu dari ayah / ibu kita . Panggilan dari suami dari Bu / Bungsu biasanya adalah Paman.

Itu adalah pembahasan dari panggilan / tuturan dari saudara ayah / ibu kita. Kunci dari panggilan tersebut adalah perbedaan umur antara ayah / ibu kita dengan saudara ayah / ibu kita. Apabila ada kesalah mohon di beri tau biar nanti saya perbaikin  hehehehe.......... thanks

2 komentar:

Anonim mengatakan...

La lasung galau titu,,!! la nyelah nian amau katau mbak perangguan kitau tu,,!!

Hengki Syahputra mengatakan...

ahahaah ....... thanks2
aku takut sajau kalu2 salah tuturan tuh heheheheh....